Senin, 16 November 2009

0 Band Peduli Fashion, Peduli Imej Ciptakan Tren

Selain jual suara, band-band baru juga pandai menjual penampilan. Mereka sadar, dengan dadanan yang unik, bandnya akan mudah dikenali, sekaligus jadi identitas diri.
J-Rocks, Fashion Band Sejak awal berkiprah di musik Indonesia, grup band J-Rock sudah mencuri perhatian khalayak dengan penampilan yang bergaya Harajuku, salah satu kiblat fashion asal Jepang.
Harajuku Style memang sangat terkenal memberikan pengaruh yang besar untuk gaya berbusana Iman (vokal), Anton (drum), Sony (gitar), Wima (bass). Gaya berpakaian dengan menggabungkan beragam warna dengan potongan unik serta aksesoris yang beragam, ditambah dengan gaya rambut berwarna yang tak beraturan adalah ciri khas gaya Harajuku.
Namun, kini J-Rock tak mau terpaku dengan gaya Harajuku saja. Bahkan saat ini keempatnya sedang berusaha menciptakan trend baru dengan mengenakan t-shirt yang berisikan pesan-pesan kemanusiaan dan ajakan untuk peduli lingkungan. "Jadi lebih tepat kalau sekarang kami disebut band yang fashionable," ujar Iman.
Slogan t-shirt J- Rock seperti Save The Earth dan Stop Global Warming diharapkan bisa membawa pesan positif, terutama untuk anak muda.
Demi menjaga penampilan, para personil J-Rock harus menyisihkan budget khusus yang jumlahnya tak sedikit. Bahkan J-Rock memiliki desainer langganan dengan harga yang tidak murah. "Ya itu sudah risiko lah, itu kan demi kemajuan kami juga," kata Anton.
Tak hanya gaya busana, untuk urusan tata rias wajah dan rambut, J-Rock juga sangat detail. Alhasil, tiap kali ada tawaran manggung J-Rock membawa sendiri pasukan penata riasnya.
Selain memakai busana rancangan desainer, band yang terbentuk di tahun 2003 ini pun bekerjasama dengan salah satu produsen sepatu lokal asal Jawa Barat. Oleh produsen sepatu itu J-Rock dibuatkan beebrapa sepatu khusus untuk manggung.
Meski lebih dikenal dengan gayanya yang unik, J-Rock enggan dicap sebagai band yang hanya mengutamakan penampilan daripada kualitas bermusik. Bagi band yang bermarkas di kawasan Pondok Indah, Jakarta ini, musik dan fashion adalah satu kesatuan yang terpisahkan.
"Imej emang kita pikrin, karena setiap band harus punya identitas. Fashion itu kan menampilkan musik juga, jadi harusnya saling berjalan sama-sama. Gak bisa dipisahkan. Jangan sampai lah kita lebih dikenal karena gaya. Ini kan satu paket yang sama," ungkap Sonny.

0 komentar:

Posting Komentar

Recent Post